Jika Anda mempertimbangkan untuk menerapkan pola makan vegetarian atau vegan untuk membuat perubahan, ada beberapa hal penting yang harus disadari sehingga Anda dapat terus menjalani hidup sehat. Anda perlu ekstra waspada untuk mengkonsumsi semua vitamin dan mineral sambil mempertahankan pola makan. Berikut adalah beberapa tips diet yang bagus untuk vegetarian dan vegan.

  1. Siapkan Asupan Protein yang Cukup

Pola makan vegetarian mengharuskan Anda untuk mendapatkan protein dari sumber selain produk hewani. Menurut pakar kesehatan, pria dewasa membutuhkan 56 gram protein per hari sementara wanita membutuhkan 46 gram (71 gram selama kehamilan atau saat menyusui). Setidaknya 10 persen tapi tidak lebih dari 35 persen asupan kalori harian Anda harus berasal dari sumber protein. Beberapa sumber protein terbaik untuk vegetarian dan vegan adalah kacang polong, kacang lentil, dan kacang-kacangan lainnya. Seluruh biji-bijian dan quinoa adalah sumber protein yang dapat dengan mudah dicampur ke dalam menu makanan Anda. Tahu, yang bisa dijadikan salah satu makanan pokok vegetarian atau vegan, juga dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan protein dalam bentuk cair, cobalah minum jus stroberi atau smoothies buah lainnya yang dibuat dengan bubuk protein.

  1. Temukan Pengganti Daging yang Tepat

Jika Anda masih ingin menikmati rasa daging favorit saat sedang diet nabati, Anda bisa menemukan semua pengganti daging yang rasa tidak jauh beda. Mulailah hari Anda dengan roti sosis atau makanan lain yang terbuat dari kedelai. Burger vegetarian dan hotdog kedelai juga sangat lezat untuk pesta barbekyu yang sempurna bersama teman dan keluarga. Nugget ayam tanpa daging memiliki kandungan nutrisinya yang sama dengan daging mereka. Makanan deli berbasis tahu sangat bagus untuk sandwich. Seitan, yang berasal dari bagian protein gandum, memiliki kandungan gizi sama dengan ayam. Anda bahkan dapat menemukan burger veggie dan barang-barang lainnya yang dibuat dengan pengganti daging di beberapa menu restoran.

  1. Tambahkan Asupan Suplemen

Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen untuk menebus vitamin atau mineral apapun yang tidak cukup didapatkan dengan pola makan vegetarian atau vegan. Sebelum membeli, sebaiknya penting untuk meninjau dan meneliti suplemen kesehatan yang tepat untuk Anda. Perusahaan seperti Medium, mengulas produk Vasayo untuk konsumen. Banyak merek suplemen menawarkan produk yang mencakup suplemen bermanfaat bagi siapa saja yang memilih untuk berhenti makan daging. Beberapa suplemen ini bisa meningkatkan energi dan bahkan memperbaiki tidur Anda. B12, yang ditemukan dalam banyak produk daging, mungkin perlu diambil dalam bentuk suplemen tetapi juga dapat ditemukan pada sumber seperti sereal yang diperkaya jus buah dan tahu. Vitamin D bisa diserap dari sinar matahari namun bisa juga diminum sebagai suplemen jika Anda tidak mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan nabati. Suplemen lain yang mungkin perlu Anda konsumsi meliputi vitamin B kompleks, yodium dan minyak ikan.

  1. Temukan Cara Untuk Tetap Kenyang Lebih Lama

Salah satu ketakutan untuk mengikukti pola makan vegetarian atau vegan mungkin adalah rasa takut merasa lapar sepanjang hari. Hanya karena makan makanan nabati bukan daging, Anda tetap bisa menjaga diri tetap kenyang. Makanan yang tinggi serat, seperti seledri, brokoli dan raspberry, memiliki kemampuan untuk melawan rasa lapar. Mereka juga merupakan makanan ringan yang lezat dan dapat disertakan dalam makanan Anda. Biji-bijian utuh mengandung kadar protein, seng dan karbohidrat kompleks yang tinggi yang dapat membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Minum banyak cairan sepanjang hari juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan cenderung menghindari makanan ringan yang tidak sehat.

Makanan vegetarian dan vegan hadir dengan banyak kentungan. Anda dapat menikmati semua manfaat dan menjaga kesehatan optimal dengan memantau asupan gizi Anda. Mengonsumsi makanan yang tepat dan mengonsumsi suplemen yang diperlukan akan memungkinkan Anda menjalani pola makan nabati seumur hidup.

Tidak perlu ragu untuk lakukan perubahan besar dalam hidup anda. Untuk mengehatui tips sehat lainnya, baca juga informasi menarik mengenai diet dan fitness di http://breaktime.co.id/